Senin, 07 Desember 2009

Siapkah Rakyat Bisnis Internet Marketing?

Pada dasarnya melakukan Internet Marketing atau bisnis online sama dengan melakukan bisnis biasa. Sebagai contoh, untuk memulai mendapatkan income dari Bisnis Online, kita bisa:

-menjadi affiliate, yang dibayar apabila kita merekomendasikan produk orang lain
-menjual produk elektronik yang bisa di download, kita tidak memerlukan gudang, pengiriman, etc. Profitnya sangat tinggi
-menjual produk yang secara fisik ada
-menjual servis
-menjual membership kepada orang lain yang berisi informasi yang unik dan tidak bisa didapatkan di tempat lain.

Memulai bisnis online adalah ide yang bagus karena dengan melakukan bisnis online berarti kita bisa bekerja di rumah, tanpa repot-repot harus ke kantor. Jam kerja juga lebih flexible. Kita bisa bekerja kapanpun dan seberapa lama kita mau. Tidak ada yang mengatur kita.

Apalagi saat ini semakin banyak kesempatan untuk melakukan bisnis secara online karena pengguna internet di Indonesia berkembang dengan sangat pesat. Infrastruktur untuk transaksi juga semakin bagus. Di masa resesi seperti sekarang justru menimbulkan banyak peluang baru dalam bisnis online.

Menurut praktisi Internet Marketing Denny Santoso, Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis online:

Apakah Anda siap?
Banyak orang berpikir, bisnis online itu mudah. Namun saat menjalani justru kebingungan dan tidak mendapat penghasilan. Akhirnya mereka mengatakan bisnis online itu cuma omong kosong. Padahal bisnis online dan bisnis biasa sama saja, yakni membutuhkan kerja keras untuk mendapatkan hasil yang layak.

Apakah Anda bisa bekerja dari rumah?
Anda membutuhkan computer lengkap dengan koneksi internet yang bisa diandalkan

Seberapa disiplin diri Anda?
Tidak ada yang menyuruh-nyuruh Anda seperti di kantor biasa bisa menimbulkan rasa malas. Chatting, bermain Facebook, menonton Youtube bisa mengganggu konsentrasi Anda bekerja.

Apakah Anda memiliki komitmen yang kuat?
Seperti bisnis pada umumnya, bisnis online juga membutuhkan tahapan belajar. Tidak semudah yang dikatakan kebanyakan orang. Anda perlu berkomitmen keras untuk belajar dan mencoba dan gagal dan mencoba lagi sampai berhasil.

Dari mana Anda bisa memulai belajar bisnis secara online?
Setelah berkecimpung cukup lama di dunia Internet Marketing, disaran bergabung dengan Asian Brain dan pelajari dulu dasar-dasar dari Internet Marketing. Banyak orang yang bilang buat apa belajar dan membayar? It’s a stupid question, karena kita bekerja pun perlu sekolah dari TK sampai SMA dan Universitas. Belajar segitu lama mau tetapi belajar internet marketing 6-12 bulan sudah bilang malas.

Orang yang seperti itu memang belum layak masuk ke bisnis online, karena dari internet kita mendapatkan banyak hal, namun ada harga yang harus dibayar, yaitu harus disiplin dan memiliki komitmen yang kuat.

Sekarang, bagaimana dengan Anda? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar