Minggu, 06 Desember 2009

Internet Marketing: Jual Produk Apa?

Rakyat Bisnis Online:

Internet menciptakan pasar yang sangat luas, karena mampu menghubungkan semua orang di dunia. Berarti pasar Internet marketing sangat menjanjikan karena menyakup area seluruh dunia. Pertanyaannya, sebagai makelar online atau Internet Marketer kita mau jual produk apa?

Sebenarnya kita tidak perlu bingung soal produk, karena sudah banyak sekali orang membuat produk. Jika kita belum memiliki produk buatan sendiri, kita bisa menjual produk buatan orang lain.

Menurut praktisi Internet Marketing Denny Santoso, orang yang baru memulai bisnis online justru harus memahami dua kenyataan penting dari semakin memasyarakatnya internet. Kedua kenyataan penting ini adalah:

1. Banyak orang mencari produk melalui Internet (kecuali produk-produk yang sudah tersedia di pasar tradisional).

2. Banyak orang berusaha menjual produknya melalui Internet.

Dengan dua kenyataan tersebut, berarti banyak sekali demand/permintaan melalui internet. Kita tinggal mencari demand tersebut di tempat yang tepat. Jadi, daripada memikirkan produk apa yang harus dijual, lebih baik kita memulai bisnis Internet Marketing dengan mencari permintaan-permintaan yang sudah ada.

Jangan bermain facebook, email, ym, twitter dan yang lain tanpa pernah mempelajari, bahwa disana banyak sekali permintaan. Lihat di forum-forum, business network, etc. Semuanya pasti ada tempat untuk berjual beli. Lihat permintaan yang ada.

Kita juga bisa masuk ke ebay.com dan Amazon.com untuk melihat kategori produk yang bisa dijual di Internet itu seperti apa. Dari situ pilih satu kategori yang kita sukai. Jangan berjualan forex kalau kita tidak menyukainya.

Setelah memilih satu kategori dan menemukan banyak permintaan di Internet, kita harus mencari Vendor atau Suplier untuk produk-produk tersebut.

Perlu diingat, meski penjual dan pembeli semua ada di internet, bukan berarti mereka saling tahu. Kenyataannya mereka tidak saling menemukan. Tugas kita adalah menemukan penjual dan pembeli tersebut.

Semua bisnis adalah Affiliate atau makelar, jangan pernah berpikir kita tidak mau melakukan bisnis makelar. Coba kita amati bisnis-bisnis yang sudah maju. Banyak diantara mereka tidak membuat produk sendiri, tetapi hanya membeli produk dari pabrik dan mencari permintaan, serta menjualnya.

Kesimpulan: banyak permintaan di Internet. Tugas kita (1) cuma menemukan permintaan, dan kemudian (2) mencari suplier/vendor produk untuk memenuhi permintaan tersebut. Jika dua tugas ini sudah kita lakukan, berati kita sudah memulai bisnis internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar