Sabtu, 05 Desember 2009

Langkah Memulai Affiliate Marketing

Rakyat Bisnis Online:

Ada ribuan teknik mencari dan mendapatkan penghasilan (income) dari internet, salah satunya adalah dengan affialiate marketing (makelar online) atau sering disebut juga Affiliate Business Online. Bagaimana cara kita memulai affiliate marketing?

Menurut praktisi affiliate marketing Denny Santoso, langkah-langkah memulai affiliate marketing adalah:

1. Mencari niche (ceruk) pasar di internet

Caranya dengan mencari kata kunci atau keyword, dimana kompetisi website yang ada tidak terlalu banyak. Mungkin sekitar 100,000 sampai 150,000 kompetitor. Kalau kita bisa menemukan angka kompetisi sekitar 50,000, itu bahkan lebih baik.

Contoh ini adalah angka dimana ketika kita mengetik sesuatu di Google dan muncul Result (hasil) 1 – 10 of about 100,000 for “keyword” (0.30 second). Coba amati lagi ketika bermain-main dengan Google.

2. Mencari kata kunci dimana perkiraan traffic minimal 100 orang sehari

Hal ini penting untuk bisa mendapatkan kurang lebih 3000 click/visitor gratis dalam waktu satu bulan. Bayangkan kalau website kita bagus tetapi pengunjungnya ternyata tidak ada. Tidak akan ada gunanya sama sekali.

3. Mencari produk-produk di internet yang memberikan fasilitas Affiliate

Ketik di google kata kunci kita dan tambahkan + Affiliate. Pelajari produk-produk tersebut. Pilih produk yang bagus yang nantinya akan dipromosikan di website kita.

4. Membuat Website/Blog

Buatlah website/ blog yang sesuai dengan ceruk pasar. Jangan membuat blog yang terlihat simple dan terlalu personal, jika tujuannya serius untuk affiliate marketing (makelar online). Personal is good, tapi orang membutuhkan kesan professional. Selama personal tetapi tetap professional, tidak ada masalah.

Sebaiknya menggunakan theme yang berbayar. Mahal, tetapi layak untuk ditampilkan secara professional.

Buatlah website/blog dengan pikiran bahwa website /blog kita itu adalah expert (ahli) di bidangnya (di ceruk yang kita pilih).

5.Mengisi Website/Blog

Mengisi blog tidak menjjadi problem bagi orang yang mahir menulis artikel, Masalahnya bagi orang yang belum terbiasa menulis artikel, bagaimana cara mengisi blog?

Solusinya: selain belajar menulis artikel, kita bisa membeli artikel untuk mengisi blog. Banyak sekali artikel di internet yang bisa dibeli dan diklaim menjadi tulisan kita.

Coba cari di google dengan kata kunci kita dan tambahkan + PLR. Tulis ulang artikel itu, boleh dengan bantuan orang lain, supaya isinya unik. Artikel PLR tersebut digunakan untuk mengisi website kita.

Untuk foto dan gambar, gunakan yang professional seperti dari istockphoto.com atau semacamnya. Harganya bervariasi, yang pasti pilih yang bagus, jangan asal-asalan. Karena gambar yang asal-asalan akan membuat image keseluruhan dari website kita juga keliatan asal-asalan.

Jangan lupa untuk memasang Autoresponder untuk menjalin hubungan yang lebih akrab dengan customer Anda.

Secara garis besar, langkah-langkah itulah yang harus dilakukan untuk memulai affiliate marketing atau Affiliate Business Online. Halangan terbesar cuma satu, kemauan untuk memulai dan TAKE ACTION! Sekali kita bisa memulainya, maka akan mudah untuk melanjutkannya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar